SOME ARE DREAMERS. SOME ARE REALISTS. BUT WE ALL WELCOME CHANGE. SOME ARE LOVERS. SOME ARE FIGHTERS. WE ALL PUMP THE SAME RED BLOOD INTO OUR VEINS. THIS IS THE WORLD AS I KNOW IT. THE NEW IS IN. I'M FEELING BETTER ALREADY.

Terus Terang, Philips Terang Terus - Tagline Terhebat

Terbukti, great wording power bisa menghasilkan tagline yang kuat dan abadi. [read more]

Petani, Sempit di Lahan Luas

Apa kabar nasib para petani?, sudahkah mereka sejahtera?, apakah mereka merdeka? [read more]

Belajar Kaya Dari Si Miskin Yang Kaya

Singapura adalah tetangga kita paling dekat sekaligus tempat tujuan utama wisata masyarakat Indonesia. Entah kenapa Singapura mempunyai daya tarik tersendiri untuk didatangi. [read more]

Solusi Macet Jakarta?, Gampang, Salahkan Saja Sepeda Motor

2015 Jakarta Lumpuh!, begitu analisis para pengamat di bidang transportasi dan tata kota. [read more]

Peserta Ujian Hanya Satu Orang?, Lucunya Negara Ini.

Headline semua media dalam 7 hari belakangan ini tentulah terfokus pada isu, gonjang-ganjing, dan intrik pemilihan calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (KAPOLRI). [read more]

"Terus Terang, Philips Terang Terus" - Tagline Terhebat Abad Ini

       Terbukti, great wording power bisa menghasilkan tagline yang kuat dan abadi.

Saya akui judul di atas memang sedikit lebay, tapi mau dibilang apa, saya pribadi memang merasakannya seperti itu. Bagaimana tidak, tagline iklan Philips tersebut terus menyangkut di pikiran saya sampai detik ini, bahkan saya lupa kapan pertama kali saya bisa mengingatnya.

Saya pikir tagline adalah bentuk dari Product Promise. Karena product promise yang begitu kuat dari Philips yang menyatakan "terang terus", hal ini akan melahirkan consumer behaviour yang solid. Jujur saja sampai detik ini pun, tidak peduli begitu banyak produk lain yang menjadi saingan Philips lahir, tetap disaat saya membutuhkan lampu kapan saja, yang saya cari pertama adalah lampu Philips. Lalu, dari product promise yang kuat dan solid tersebut maka akan muncul apa yang disebut Brand Positioning.

Kalimat "terus terang" adalah intrigue words yang bermakna solid, dilanjutkan dengan kalimat "terang terus" yang meracuni pikiran segala lapisan status sosial orang Indonesia. Brand positioning yang dihasilkan dari tagline tersebut tidak ada batasan, menembus ke semua kalangan. Setelah product promise dan brand positioning terbentuk sangat solid, otomatis akan melahirkan benefit. Walaupun kabar terakhir yang pernah saya baca di website Koran Jakarta yang menyebutkan penjualan Philips di Indonesia sedang mengalami keanjlokan, tetap pada beberapa tahun yang lalu, produk ini adalah pemimpin di pasarnya.

Saya sama sekali tidak sedang bertingkah seperti orang yang sangat amat mengerti tentang dunia periklanan, dan tentu saya pun tidak sedang berakting menjadi analis iklan yang cerdas. Tapi paling tidak sampai detik ini, saya belum merasa ada iklan lokal yang begitu nancep di pikiran dan hati, tentu bagi saya pribadi.Iklan-iklan luar negeri yang saya anggap memiliki tagline  yang sangat kuat dan solid contohnya adalah iklan Nike dengan "Just Do It" nya. Atau baru-baru ini iklan AXE dengan tagline "The Axe Effect" nya, bahkan kedua iklan tersebut tidak mampu mengalahkan tagline dari iklan Philips. Iklan-iklan produk lokal pun, atau iklan-iklan yang dibuat oleh agensi lokal saat ini pun saya anggap belum ada yang mengalahkan kekuatan dari tagline iklan Philips. Saya tidak mengatakan bahwa iklan-iklan lokal yang ada sekarang adalah jelek. Kampanye terbaru dari A Mild yang bertajuk "Go A Head" yang sedang gencar saat ini, saya kok merasakan identik dengan tagline dari Nike?.

Begitu hebatnya para pelaku industri iklan jaman dulu. Jauh ke beberapa tahun yang lalu, saat mereka belum bisa melihat situs semacam Ads of the World, mereka bisa menciptakan tagline kuat dan solid yang abadi menempel di kepala masyarakat Indonesia. Entah siapa copywriter dibalik tagline iklan Philips tersebut, dia sama hebatnya dengan Iwan Gayo yang membuat Buku Pintar sama sekali tanpa bantuan Google.
Sangking hebatnya tagline Terus Terang Philips Terang Terus, kata tersebut bahkan tidak bisa di-inggris-kan, terasa sangat Indonesia.

1 Response to "Terus Terang, Philips Terang Terus" - Tagline Terhebat Abad Ini

May 15, 2013 at 9:13 AM

Djokolelono, pria kelahiran Wlingi, Malang 10 April 1944. Beliau adalah Copywriter yang membuat slogan-slogan:
"Terus Terang Philips Terang Terus"
"Susu Saya Susu Bendera"
"Pria Punya Selera"

Post a Comment


Developed and Modified by Kirana™ © 2010 the Content is Still Under Construction